Jumat, 27 Desember 2013

Antara Kelainan Jantung dan Insomnia

Antara Kelainan Jantung dan Insomnia





Insomnia atau yang kita kenal dengan istilah susah tidur merupakan keadaan yang tentunya tidak mengenakan, apalagi jika besok kita musti menjalankan rutinitas, baik itu sekolah ataupun pekerjaan. Dari penelitian yang dilakukan ternyata keadaan ini dapat memicu berbagai penyakit yang diantaranya yaitu penyakit jantung, dan pembuluh darah. Dan yang paling parah yaitu penelitian yang menunjukan bahwa insomnia dapat memicu 2 kali lipat penderitanya terjangkit penyakit kanker prostat.

Berdasarkan pemaparan Lara G.Sigurdardottir yang merupakan seorang peneliti bidang tidur menjelaskan bahwa salah satu pemicu Insomnia yaitu kebiasaan menonton acara televisi ataupun berada didepan komputer pada jam tidur tepatnya waktu dimana seharusnya anda mulai tidur. Hal ini dikarenakan sinar yang berasal dari televisi maupun monitor dapat mempengaruhi kelenjar pineal yang mengatur siklus tidur kita untuk memerintahkan otak mengurangi produksi melatolin, yang merupakan hormon tidur selain itu dapat menurunkan pula ekspresi period-2 yaitu gen yang berkaitan dengan rendahnya resiko kanker.

Maka dari itu baiknya anda tidak usah lama-lama menonton televisi ataupun berada didepan layar monitor ketika memasuki waktu tidur malam dan cobalah untuk lebih bisa mengatur pola tidur dan hiburan anda.